Tania Saputra dari Bali Jadi Putri Pariwisata 2022

IndonesiaNew, JAKARTA – Yayasan EL JOHN Indonesia terus berkomitmen untuk melahirkan generasi muda bertalenta di bidang pariwisata, melalui pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2022 dengan mengangkat tema “Rethinking Tourism”. Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2022 merupakan pemilihan ke-15 yang digelar Yayasan EL JOHN Indonesia Rabu, (28/09/2022).

Grand Final kontes ini, sukses digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Penyelenggaraan Grand Final masih dalam Suasana Hari Pariwisata Dunia yang tahun ini perayaannya dipusatkan di Bali. Finalis yang meraih gelar Putri Pariwisata Indonesia 2022, jatuh pada perwakilan dari Bali atas nama Tania Saputra.

Penentuan pemenang dilakukan berdasarkan penilaian dari dewan juri. Ada lima dewan juri yang memberikan penilaian terhadap 30 finalis yakni Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf-Baparekraf Vinsensius Jemadu (Ketua), Ketua Gastronomi Network Vita Datau (anggota), Putri Pariwisata Indonesia 2009 Andara Rainy (anggota), Putri Pariwisata Indonesia 2008 Albertina Fransiska Mailoa (anggota) dan Dosen LSPR Mamby Aruan (anggota).

Pemenang kontes ini harus melewati dua tahap pada malam Grand Final, yakni lolos di 10 besar dan 5 besar. Pada 5 besar, para finalis harus menjawab pertanyaan yang telah disiapkan dewan juri. Proses penilaian kepada para finalis telah dilakukan sejak masa karantina, yakni karantina online dan tatap muka.

Karantina oinline dilangsungkan pada pada 23 Agustus hingga 27 Agustus 2022. Sementara itu, karantina tatap muka diselenggarakan pada 25 September hingga 28 September 2022 di Hotel Ibis Budget Daan Mogot, Jakarta Barat. Untuk penilaiannya antara lain meliputi penampilan, kecantikan, karakter, kecerdasan, kreativitas, integritas dan komitmen.

Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johhnie Sugiarto mengucapkan selamat kepada pemenang. Dia mengungkapkan Putri Pariwisata Indonesia 2022 menjadi istimewa karena menyemarakan generasi muda dari berbagai provinsi di Indonesia membangkitkan kembali semangat pariwisata di Indonesia.

“Di tahun 2022 ini, Era baru, kami bangkit untuk memulihkan Pariwisata Indonesia lebih kuat lagi dari seluruh provinsi di Indonesia bersatu untuk memajukan inovasi dan transformasi digital dan juga sebagai bentuk rangkaian dalam Perayaan Hari Pariwisata Sedunia 2022 dengan mengangkat tema Rethinking Tourism,” kata tokoh pariwisata nasional ini.

Martinus Johnnie Sugiarto berharap seluruh Finalis Putri Pariwisata Indonesia 2022 dapat mengambil peran dalam kebangkitan pariwisata Indonesia, mewujudkan pemulihan ekonomi dan kesehatan dunia yang inklusif.

“Selain itu, para finalis didorong untuk siap mensinergikan program-program pariwisata pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ataupun dengan Lembaga lain yang berhubungan dengan kepariwisataan, sehingga bersama sama dengan masyarakat tergerak untuk lebih mencintai dan membangkitkan kembali sektor Pariwisata,” ujar Martinus Johnnie Sugiarto.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.