Kemendikbudristek Kenalkan 10 Episode Drama Audio Misteri Nusantara

IndonesiaNew, JAKARTA – Keseriusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam menguatkan literasi untuk memperkaya kecintaan generasi muda di bidang sastra. Kali ini pihaknya mengenalkan 10 episode drama audio misteri nusantara.

“Sandiwara sastra bukan hanya karya seni dan inovasi saja, melainkan dapat memberi warna ruang media baru untuk lebih dekatkan sastra kepada masyarakat dan bisa memberikan kecintaan sastra di kalangan generasi muda,” ujar Direktur Perfilman, Musik dan Media Ahmad Mahendra di Kemendikbusristek, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Adapun 10 judul episode Sandiwara Sastra kedua ini menautkan beragam kisah misteri dengan dibalut kearifan lokal setiap daerah. Diantaranya Si Manis Jembatan Ancol (Jakarta), Pahlawan (Bali), Keris (Jawa), Halo Bleki (Aceh), Sandekala (Jawa Barat), Mimpi Jurai (Sumatera), Perempuan Perkasa (Papua) dan sebagainya.

Diproduseri Happy Salma, Yulia Evina Bhara dan Pradetya Novitri membuat di setiap episode dilengkapi dengan tata musik hingga efek suara yang digarap oleh Tesla Manaf Effendi.

“Sejak 2021 sudah dimulai prosesnya, Sandiwara Sastra Musim Kedua bukan hanya menceritakan sesuatu yang tak terlihat, tapi memberikan pilihan bahwabsetiap daerah memiliki keanekaragaman cara untjk menghadapi persoalan yang terjadi di sekitarnya,” tutur Happy Salma.

Demi melengkapi keseruan sandiwara sastra tersebut, sejumlah artis Tanah Air ikut dilibatkan mulai dari Nicholas Saputra, Dewi Gita, Nova Eliza, Maudy Koesnaedi, Widi Mulia, Marcella Zalianty, Nugie, Aming dan masih banyak lagi.

Sandiwara sastra ini bisa disaksikan di siniar @budayakita mulai 3 November 2023. Bahkan beragam pameran juga bisa dinikmati mulai dari 30 Oktober hingga 12 November 2023 di Lobby Gedung E, Kemendikbudristek, Jakarta.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.