Menilik Keberadaan Sumber Air di Bali

IndonesiaNew, BALI – Pulau Dewata Bali selain dikenal dengan pariwisatanya, Bali juga dikenal dengan pengairan sawahnya yakni bernama Subak. Lantas, tahukah Anda sumber air yang ada di Bali darimana saja? Berikut ulasannya.

Mangku Gede Ulun Danu Bratan Putu mengungkapkan bahwa sumber air di Bali berada di empat Ulun Danu yang mengairi ke seluruh wilayah di propinsi yang dikenal dengan tarian kecak tersebut.

“sumber air di Bali itu ada di Ulun Danu, di mana airnya mengalir ke Tabanan, Badung yang berasal dari Ulun Danu Bratan kemudian ada pula Ulun Danu Buyan yang mengairi aliran air menuju Singaraja, ada pula Ulun Danu Tamlingan ke Tabanan Barat, dan terakhir Ulun Danu Batur ke Bangli, Denpasar,” ucapnya belum lama ini.

Diakuinya, kata Ulun Danu merupakan bahasa asli Bali yang berarti Ulun itu paling pojok, sedangkan Danu berarti air.

“Ulun Danu itu hulunya air, semua air di Bali berasal dari gunung otomatis airnya datang dari Gunung yakni Gunung Bangu untuk di Ulun Danu Bratan,” tambahnya.

Tak itu saja, Putu menjelaskan bahwa keberadaab Ulun Danu tidak terlepas daei cerita legenda di Bali.

“Bicara Ulun Danu otomatis terkait dengan Subak yakni sistem pengairan sawah, melalui Ulun Danu lah merupakan sumber utama air buat pengairan sawah dan kehidupan sehari-hari di sini,” tukasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.