Genjot Pariwisata, Kemenparekraf Tak Lagi Lihat Jumlah Kunjungan

IndonesiaNew – Selama ini Indonesia kerap melihat dari jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia, kini cara tersebut diubah. Lantas, apakah yang dicari oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kehadiran wisatawan mancanegara ke Tanah Air?

“Kita (Kemenparekraf-red) mengubah strategi dan fokus pada kualitas bukan lagi fokus ke jumlah kunjungan,” ucap Direktur Pemasaran Pariwisata Regional 1 (Nusantara, ASEAN, Australia dan Oceania) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu kepada IndonesiaNew, baru-baru ini.

Vinsensius Jemadu menilai banyaknya wisatawan mancanegara ke Indonesia namun tak membawa dampak buat devisa negara. Oleh karenanya, kini target pun diubah.

“Lebih baik fokus ke segmen yang tinggi marketnya seperti wisatawan highend sehingga spendingnya bisa terukur apalagi pengeluarannya bisa 5 kali lebih besar setiap berwisata ke Indonesia,” paparnya.

Lalu, kualitas seperti apa yang diinginkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendatangkan wisatawan mancanegara?

“Kualitas di sini yang dicari adalah long of stay-nya dan spending power mereka (wisatawan mancanegara-red) sehingga membawa perubahan pada devisa negara Indonesia,” pungkasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.