Datangi Rejowinangun, Sandiaga Uno: Lestarikan Budaya, Lapangan Kerja hingga Siap Diboyong ke Amerika

IndonesiaNew, REJOWINANGUN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sanidaga Salahuddin Uno mengikuti pertunjukan wayang kulit dipentaskan dalang cilik saat berkunjung ke Desa Wisata Rejowinangun.

Saat berbincang dengan dalang cilik berusia 9 tahun yang juga seorang YouTuber dengan konten wayang, Sandiaga Uno menuturkan sang dalang cilik Adimas Alby Ersani Widyaputra mengaku belajar ngedalang sejak berusia 3,5 tahun secara otodidak. Alby begitu dia akrab disapa selalu mengenalkan keahlian mendalangnya di Youtubenya.

Alby menuturkan konten YouTubenya dibuat untuk mempromosikan dan melestarikan kebudayaan wayang yang digelutinya.

“Ini saya subcribe karena sangat kagum dengan Alby yang melestarikan budaya nasional,” katanya, Jumat (8/10/2021).

Saat Sandiaga Uno mensubscribe maka pengikut akun Alby langsung naik menjadi 1.000 subscriber. 

Alby adalah keturunan ke 9 dari Mbah canggahnya sang kakek buyutnya merupakan dalang ternama  namanya mbah Gondo. Saking cintanya dengan wayang sampai ada pendopo kecil di rumah dengan pajangan wayang. Alby sering mengikuti lomba dan beberapa kali menang perlombaan.

Dia punya prinsip sekolah dan wayang seimbang, abis pulang sekolah, sanggar atau mengaji, Dia punya konten youtube yang di isinya video dia main wayang yang direkam seadanya lewat hp orang tuanya.

“Saya bantu promosikan biar subscribernya bertambah,” ujarnya.

Karena bocah kelas tiga SD ini harus didukung penuh, bagimana dia mengenalkan dan meletarikan budaya asli Indonesia.

Sandiaga Uno menegaskan melestarikan budaya memang harus dimulai dari anak-anak khususnya budaya wayang seperti yang dilakulan oleh Alby.

“Melestarikan budaya wayang mulai dari anak-anak jadi kita suport  juga creativeness. Nanti saya akan ajak Alby untuk tampil di Washington DC, USA,” kata Sandiaga Uno.

Untuk menambah kreativitas Sandiaga Uno membelikan wayang pandawa lima untuk Alby, ordernya langsung di pengrajin wayang Desa Rejowinangun di Sentra kerajinan desa. 

Selain membelikan untuk Alby sebagai bekal. Pihaknya juga mempekerjakan pengrajin lokal karena wayang itu made by order, dari kulit kerbau pilihan dan tongkatnya dari tanduk.

“Saya sudah berikan Rp10 juta untuk beli wayangnya,” tuturnya. 

Sandiaga Uno juga membelikan ponsel canggih di mana akan membantunya membuat konten wayang untuk di youtube. Tidak hanua itu, Sandi juga berpikir akan membawa Alby ke washington DC untuk mementaskan wayangnya.

“Kalau situasi sudah kondusif akan kita bawa dia pentas di Washington DC,” tuturnya. 

“Ayo pak promosikan bilang suruh subcribe dan follow konten alby,” timpalnya.

Alby juga mengaku hanya perlu dipromosikan supaya anak-anak Indonesia bisa menganal kesenian wayang sehngga kesenian ini tidak punah dimakan jaman.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.